Mengapa Bootstrap? Karena Anda Tidak Bisa Berhasil Kecuali Anda Tekun

Mengapa Bootstrap? Karena Anda Tidak Bisa Berhasil Kecuali Anda Tekun – Budaya startup adalah semua tentang keramaian.

Baca Juga: Tidak Ada Uang untuk Memulai? Tidak Masalah. Coba 5 Pilihan Ini untuk Mendanai Bisnis Anda

Dari blog ke posting Instagram ke cangkir kopi, pengusaha saat ini diminta untuk mengejar kesuksesan dengan segala cara:

Rasa sakit hanyalah sementara. Berhenti berlangsung selamanya.

Biarkan mereka tidur saat Anda menggiling.

Tujuan tidak peduli bagaimana perasaan Anda.

Tidak ada yang pernah tenggelam dalam keringat.

Media arus utama juga melanggengkan pesan keramaian 24/7 dengan kisah-kisah para pendiri yang mengkilap dan kaya yang mengikuti hasrat mereka, tidur di kantor dan membangun Amazon atau Facebook berikutnya.

Ini adalah naratif menggoda, tetapi mereka juga bisa berbahaya. Banyak pendiri melakukan segalanya sebelum mereka siap. Dipersenjatai dengan sedikit lebih dari gairah, mereka mencoba untuk “bergegas” jalan mereka melalui ide yang salah dipahami.

Baca Juga: Anda Tidak Dapat Membangun Bisnis Anda di Bartering dan Mendapat Informasi Gratis

Tidak dapat dihindari, itu tidak berhasil dan tekanan selanjutnya sangat besar. Saat itulah orang pintar, ambisius terbakar. Mereka sakit atau bangkrut (atau keduanya). Beberapa kehilangan jejak mimpi mereka sepenuhnya.

Untuk semua orang yang bekerja 18 jam sehari dan hidup dengan protein shake, saya ingin berbagi jalur alternatif. Ada cara lain untuk membangun bisnis. Dua belas tahun yang lalu, saya meluncurkan JotForm dalam industri yang sangat kompetitif: formulir online. Bahkan Google Forms segera ikut beraksi. Itu masih salah satu pesaing terbesar kami.

Tetapi kami tinggal di jalur kami dan melayani pelanggan kami. Hari ini, kami memiliki 3,5 juta pengguna global serta lebih dari 100 karyawan dan kami telah melakukannya tanpa mengambil dana dolar dari luar.

Baca Juga: Siap untuk Bootstrap? Pertimbangkan 5 Kisah Nyata Ini

Ada banyak kerja keras, tetapi ini bukan kisah tentang gairah dan penderitaan. Saya telah mengembangkan perusahaan secara perlahan. Kami bekerja dengan kecepatan yang sehat dan waras. Yang paling penting, saya telah mempertahankan kebebasan saya dan kehidupan pribadi yang kaya. Bootstrapping adalah cara terbaik untuk membangun bisnis, tetapi keramaian adalah gaya hidup, bukan hanya gerakan tarian retro.

Inilah enam hal yang perlu dipertimbangkan:

1. Anda mungkin lebih bahagia jika Anda mempertahankan pekerjaan harian Anda untuk sementara waktu

Seperti banyak pengembang, saya membangun produk perangkat lunak pertama saya selama kuliah. Ketika orang-orang mulai membayar saya untuk penyesuaian, saya sangat bersemangat. Cek $ 150 pertama itu terasa seperti kekayaan. Saya juga membuat versi berbayar yang mulai mendapatkan unduhan. Berbekal gelar baru, saya bisa mengubah produk saya menjadi bisnis penuh waktu, tetapi saya belum siap. Saya membutuhkan pengalaman dunia nyata.

Saya mengambil pekerjaan sebagai programmer untuk sebuah perusahaan media, tetapi saya masih mengerjakan produk saya di pagi hari. Saya melakukan ini selama lima tahun sampai penghasilan sampingan saya melampaui gaji penuh waktu saya. Saat itulah saya mengambil lompatan dan memulai perusahaan saya.

Baca Juga: Bagaimana Penggemar Ini Menghasilkan Jutaan Dolar, Dimulai Dengan Beberapa Sepatu Yang Dapat Dikoleksi

Istilah “pekerjaan harian” telah mengembangkan konotasi negatif, tetapi bagi calon pengusaha, pekerjaan tetap bisa sangat berharga. Selama Anda bekerja untuk perusahaan yang sehat dan produktif, Anda dapat mempelajari pelajaran penting tentang bisnis, komunikasi, dan kerja tim. Anda juga dibayar untuk mempertajam keterampilan Anda. Dan Anda akan membuat koneksi yang dapat membantu Anda.

Sebuah pekerjaan hebat dapat memicu impian startup Anda, Anda mungkin menemukan ide besar Anda pada uang receh orang lain. Itu terjadi pada saya.

2. Mengejar masalah, bukan hasrat

Begitu banyak pendiri berpikir bahwa kesuksesan mereka hanya membutuhkan tiga langkah yang jelas:

Lenyapkan teman dan kritik yang peduli

Hentikan pekerjaan Anda sekarang

Bekerja 80 jam seminggu dan kejar mimpi Anda, di atas segalanya

Jika Anda melompat sebelum Anda memecahkan masalah nyata, tekanan (dan tagihan) akan meningkat dengan cepat. Namun, memenuhi kebutuhan, orang membayar untuk solusi. Mereka dengan senang hati menggesek, mengetuk, atau membayar tunai untuk sesuatu yang membuat hidup mereka lebih baik dan lebih mudah.

Sebagai contoh, JotForm membahas titik gesekan yang saya saksikan setiap hari. Editor secara konstan membutuhkan formulir web khusus untuk survei, jajak pendapat, kuesioner pembaca, dan kontes. Membuatnya membosankan, tapi itu tugas saya. Saya mulai mempertimbangkan cara mengotomatiskan proses. Saya membuat sketsa alat seret dan lepas yang memungkinkan orang membuat formulir dengan cepat, bahkan jika mereka tidak tahu cara membuat kode.

Baca Juga: Tai Lopez Membagikan 7 Langkah untuk Meluncurkan Bisnis Tanpa Uang atau Pengalaman

Saya menyempurnakan gagasan itu selama enam bulan setelah saya meninggalkan pekerjaan itu. Pada bulan Februari 2006, saya merilis versi pertama JotForm. Pengalaman saya sehari-hari menunjukkan kepada saya bahwa orang-orang menginginkan produk tersebut. Itu meredakan rasa sakit yang sangat nyata. Inilah sebabnya mengapa pendiri dan penulis Paul Graham mengatakan konsep startup terbaik menangani:

Sesuatu yang Anda inginkan atau butuhkan

Produk atau layanan yang dapat Anda bangun sendiri (sebagian besar)

Gagasan yang dimiliki beberapa orang

Layak menunggu sampai Anda mencentang semua kotak itu. Temukan sweet spot itu dan terapkan hasrat dan kerja keras Anda.

3. Pertumbuhan organik adalah hal yang baik

Melakukan penskalaan bisnis tidak mudah. Itu sebabnya pertumbuhan organik sangat diremehkan.

Ketika Anda menyelam dengan sedikit lebih dari gairah, Anda harus berenang cepat. Anda akan menghabiskan tabungan atau dana Anda mana yang lebih dulu. Waktu jarang ada di pihak Anda.

Jika Anda mulai perlahan dan meminimalkan tekanan, ada ruang untuk belajar. Anda dapat pulih dari kesalahan. Tidak ada yang mendorong grafik pertumbuhan tongkat hoki atau menuntut Anda menjadi unicorn.

Perusahaan yang di-boot mengandalkan para pelanggan sungguhan, yang dapat memakan waktu. Berita bagus? Itu jauh lebih tidak berisiko. Itu karena uang tidak pernah bohong. Jika orang bersedia membayar untuk produk atau layanan Anda, Anda berada di jalur yang benar. Anda dapat beradaptasi dengan kebutuhan mereka dan tumbuh dengan kecepatan yang waras dan mantap.

Baca Juga: Jika Anda Sebagai Karyawan, Anda Mungkin Bisa sebagai Pengusaha

Saya membangun JotForm selangkah demi selangkah. Pemasaran saya terdiri dari memposting produk di forum teknologi dan mengirim email kepada orang-orang yang menjalankan blog teknologi. Saya tidak memaksa; Saya hanya ingin membagikan apa yang saya buat dengan orang-orang yang membutuhkannya.

4. Hanya satu metrik yang penting

Profitabilitas.

Anda perlu mendapatkan lebih banyak uang daripada yang Anda belanjakan. Ini sederhana, tetapi tidak mudah.

Budaya kami mengagumi startup yang dengan cepat menjadi viral atau mendapatkan putaran pendanaan besar-besaran. Dan di pasar saat ini, tidak jarang perusahaan, terutama startup teknologi, mendengar pertanyaan “Jadi, bagaimana Anda menghasilkan uang?”

Saya percaya keuntungan harus dimulai pada hari pertama, bukan pada titik mitos di masa depan. Keuntungan itu mungkin sederhana, tetapi bisnis yang macet perlu bekerja. Titik.

Tentu saja ada beberapa pengecualian untuk aturan ini. Memulai toko ritel atau menyimpan inventaris online dapat membutuhkan modal besar. Cukup sulit untuk membuka restoran dengan uang sendiri, kecuali Anda memiliki dana perwalian. Bisnis berbeda-beda, tetapi dasar-dasar profitabilitas tidak pernah berubah.

Lebih dari setahun setelah meluncurkan JotForm, kami merilis versi berbayar. Kata menyebar perlahan, tetapi jumlahnya mulai tumbuh. Pada akhir 2007, kami memiliki 500 pelanggan yang membayar dan lebih dari 50.000 total pengguna.

Saya bisa mengeluarkan Champagne dan mengirimkan siaran pers (dan saya senang dengan apa yang telah kami capai), tetapi saya tidak melacak metrik kesombongan. Saya tahu kami perlu menumbuhkan basis pelanggan kami. Jadi itulah yang kami lakukan selama lebih dari satu dekade.

Bekerja cerdas, tumbuh perlahan dan bangun fondasi Anda. Itulah artinya mengikuti impian Anda.

5. Kemitraan adalah opsional

Ketik “find a co-founder” di Google dan Anda akan mendapatkan sekitar 206 juta klik. Investor suka bekerja dengan co-founder karena mereka dapat membawa keterampilan yang berbeda ke meja. Kita sering mendengar bahwa keajaiban terjadi ketika pendiri teknis berpasangan dengan pakar pemasaran dan penjualan, misalnya.

Itu mungkin benar, tetapi itu bukan satu-satunya cara. Dengan putus asa mencari pasangan bisnis ideal Anda, hanya untuk memuaskan VC potensial, dapat menginspirasi kemitraan yang kurang sempurna. Fokus pada pendanaan (bukan produk) belum tentu merupakan cara yang solid untuk memulai.

Pertempuran, kesalahpahaman, dan visi yang berbeda juga memecah banyak perusahaan, dari segala bentuk dan ukuran.

Bertahun-tahun yang lalu, saya melakukan pembicaraan serius dengan salah satu pendiri. Itu tidak berhasil, dan kami berdua baik-baik saja dengan hasilnya. Kami masih berteman. Melihat ke belakang, saya senang membangun JotForm sendiri. Saya memiliki begitu banyak kebebasan, dan saya tidak harus memberikan 50 persen dari bisnis.

Sebagai gantinya, saya merekrut orang-orang pintar dan luar biasa yang terus meningkatkan produk kami, masing-masing dan setiap hari. Tidak ada dinamika kekuatan yang dimainkan. Saya dapat membuat keputusan besar tanpa berkonsultasi dengan investor.

6. Produk diutamakan

Inilah kebenaran keras lain tentang VC: Mereka sering ingin mendukung para pendiri dengan gelar Ivy League dan resume yang memukau. Saya juga tidak punya. Kembali pada tahun 2006, peluang saya untuk mengamankan putaran benih sangat tipis. Saya ragu para investor juga akan dihebohkan tentang formulir web. Itu bukan ide seksi di atas kertas, dan aku tidak tahu apa-apa tentang mengumpulkan uang.

Jadi saya menundukkan kepala dan berusaha membangun produk yang bagus. Maka produk yang lebih baik. Butuh waktu, tetapi fokus tunggal telah membuat semua perbedaan. Investasikan waktu dan energi Anda untuk menjadikan bisnis Anda hebat. Buat produk atau layanan yang cerdas dan teruskan disempurnakan. Dengarkan pelanggan Anda. Sebarkan berita dengan cara yang masuk akal dan jangan tiriskan rekening bank Anda.

Bisnis itu sendiri adalah investasi terbaik Anda.

Biarkan gairah menjadi bahan bakar Anda, bukan fondasi Anda.

Kewirausahaan bukanlah jalan yang mudah. Akan ada hari-hari yang sulit dan menantang yang menguji komitmen Anda. Tapi itu mungkin. Bootstrap benar-benar cara yang layak untuk menghidupkan ide Anda.

Jika Anda ingin menjadi pengusaha, saya kira Anda juga menginginkan kebebasan. Itu sebabnya pesan “hustle hard” itu sangat kuat. Potensi kebebasan dan kontrol bisa memabukkan.

Jadi pikirkan baik-baik sebelum Anda membiarkan orang lain memetakan jalan Anda. Pendanaan jarang datang tanpa banyak ikatan. Apakah Anda bersedia menyerahkan kebebasan Anda kepada orang-orang yang menginginkan keuntungan secepat kilat?

Apakah Anda ingin mempertaruhkan segalanya, termasuk hubungan Anda dan kesejahteraan Anda? Mengorbankan diri sendiri untuk sebuah mimpi mungkin menginspirasi film Hollywood yang hebat, tetapi tidak harus kehidupan yang kaya dan bermanfaat.

Hidupmu sangat penting. Mulai perlahan dan tumbuh menjadi impian Anda.